Sampang, Delikjatim.com – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab. Sampang melakukan kegiatan BIMTEK Usaha Budidaya Kambing Boerka Galaksi Agrinak dari Puslitbangnak – Puslitbangtan Kementerian Pertanian di Kantor BPP Kec. Banyuates. Sampang 24 september 2021

kegiatan ini di hadiri oleh Ir Suyono M.Si (Kepala dinas pertanian dan ketahanan pangan) Kab. Sampang, KADISPERTA Sampang, Kabid Peternakan, perwakilan dan Nara sumber dr Kapuslitbangnak/Tan, Peternak dr Ketapang dan Banyuates, Petugas PPL, Petugas POPT/PHP dan Petugas Data DISPERTA Sampang dan penyuluh BPP Kec. Banyuates.

Kambing Boerka Galaksi Agrinak (BGA) merupakan kambing hasil persilangan antara pejantan unggul kambing Boer (asli Afrika Selatan) dan kambing Kacang (lokal Indonesia). Kambing ini termasuk ke dalam tipe kambing pedaging dengan pertumbuhan yang relatif cepat.

Kambing BGA resmi dirilis pada Januari 2020 dengan Keputusan Menteri Pertanian Nomor 08/KPTS/PK.040/1/2020. Kambing ini memiliki berbagai keunggulan antara lain kemampuan beradaptasi pada berbagai kondisi agroekosistem dan memiliki bobot badan yang lebih tinggi dibanding dengan kambing lokal.

“Bobot lahir kambing berkisar 2,6 kg – 2,8 kg. Bobot sapih berkisar 10-12 kg, bobot pejantan usia 1 tahun mencapai 35 kg dan betina mencapai 32 kg. Bobot pejantan Boerka Galaksi Agrinak dapat mencapai 85 kg.

Reproduktivitas kambing boerka terbilang tinggi. Dalam dua tahun, kambing boerka dapat melahirkan anak 3 kali dengan jumlah anak 1 sampai 2 ekor. Kambing boerka juga mampu beradaptasi dengan kondisi tropis basah pada daerah dataran rendah.

Bpk. Agus koordinator penyuluh BPP kec. Banyuates mengatakan,
hasil BIMTEK kali ini kita sampaikan kepada petani, tentang perlunya pengetahuan petani akan inovasi teknologi baik dari segi kesehatan, penanganan penyakit, perkandangan dan teknik budidaya terutama pada Kambing Boerka Galaksi Agrinak.(Edy).

Editor : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here