Probolinggo Kota, Delikjatim.com – Satuan tugas Taruna siaga bencana Kota Probolinggo menghadiri undangan sebagai nara sumber (Narsum) bidang kebencanaan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 di Jl. Hayam Wuruk 155 Kota Probolinggo.

Kagiatan yang berlangsung pada Jum’at (8/10/2021) ini diikuti seluruh siswa beserta tenaga didik yang ada. Selama mengikuti jalannya paparan pemateri terkait bencana gempa, seluruh siswa dan tenaga pengajar nampak fokus dan antusias.

Didampingi anggotanya, Soni Eko Diantoro secara gamblang menyajikan materi tentang langkah aman ketika terjadi gempa pada saat proses belajar mengajar berlangsung di dalam kelas.

Menanggapi hal ini, Kepala Sekolah SMPN 3 Kota Probolinggo Sumantri S.Pd, MM mengatakan, apa yang disampaikan nara sumber kepada siswanya merupakan input edukasi yang sangat penting, setidaknya hal itu menjadi bekal pengetahuan bagi anak didiknya dalam menghadapi bencana.

Sementara dalam wawancaranya by phone Soni Eko Diantoro membocorkan poin penting atas materi yang ia sampaikan di hadapan para siswa dan dewan guru. Dikatakannya, hal pokok yang ia beberkan pada kesempatan itu selain menerangkan apa itu relawan taruna siaga bencana, siapa dan apa tugas mereka, disampaikan jua bahwa pada saat terjadi gempa siswa dan guru harus tenang dan tidak panik meresponnya. Menurutnya, kepanikan itu sendiri adalah awal dari bencana.

“Selain itu, saya juga menjelaskan apa saja yang harus dilakukan adik-adik siswa saat ada gempa, diataranya ambil tas atau benda lain yang bisa dijadikan pelindung kepala, lalu sembunyi di bawah meja tulis masing-masing” ungkap perwakilan tagana Kota Probolinggo ini.

Soni melanjutkan, dalam situasi tersebut para guru hendaknya berbagi tugas, ada yang mendampingi, menenangkan dan mengarahkan siswa, ada yang mengamankan berkas dan arsip penting, dan ada yang menghubungi petugas terkait.

“Dalam konteks ini, petugas terkait itu termasuk BPBD, Pemerintah Desa serta relawan yang bergerak dibidang kebencanaan seperti karang taruna atau relawan taruna siaga bencana (Tagana)” tutup Soni. (Syaiful).

Editor : Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here