pimnasmapan
satkobapolressby
mhusyairi
smru
kapolsekrungkut
kapolsekgubeng
Shadow

Banjir Setinggi 1,5 Meter Genang Tiga Kecamatan Di Jember

  • Bagikan
banner 468x60

Jember, Delikjatim.com – Akibat hujan deras, beberapa kecamatan di kabupaten Jember dinyatakan mengalami banjir hebat hingga mencapai ketinggian volume air sekira 1,5 meter.

Sampai berita ini dirilis, Minggu, 9 Januari 2022, satuan tugas Tagana Dinsos Jember dengan  sigap terjun ke lokasi kejadian guna melakukan assesmen dan kaji cepat dampak kejadian.

banner 336x280

Banjir hebat yang terjadi sekira pukul 17.07 WIB tersebut merendam sejumlah kecamatan, yaitu Kecamatan Panti, Kaliwates dan Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember.

Selain assesment, tagana kabupaten Jember pun menurunkan unit perahu karet untuk membantu evakuasi warga.

Muhammad Nur Kholis koordinator tagana setempat mengatakan, Personil Tagana Jember sedang melakukan Assesment awal di Lokasi terdampak.

Dikatakan pula bahwa pihaknya juga menurunkan tim evakuasi bersama unit perahu karetnya, untuk membantu evakuasi warga rentan, anak-anak dan lansia ke titik aman.

Kepada media Kholis (sapaan koordinator tagana Jember) mengatakan, lokasi banjir terparah ada di kelurahan Mangli Kecamatan Kaliwates, tepatnya di Perum BUMI Mangli PERMAI dan Sempusari.

Debit banjir di Kelurahan Mangli mencapai ketinggian rata-rata 1,5 meter. Sementara jumlah masyarakat di daerah itu diperkirakan mencapai 400 KK.

Kami menerima laporan dari hasil assesmen sementara rekan tagana di lokasi, ada 679 jiwa yang terkunci banjir, di RW 13 Kelurahan Mangli kecamatan Kaliwates, terang Kholis.

“Ini masih data sementara” ungkapnya.

Merujuk dari data sementara tersebut maka dilakukan koordinasi dengan pihak Dinsos setempat selaku pembina tagana.

“Kami diarahkan melakukan persiapan dapur umum lapangan untuk membantu melayani kebutuhan dasar masyarakat yang lumpuh aktifitasnya akibat kepungan banjir” jelas Kholis.

Karenanya, peralatan DU yang selama ini mendukung kegiatan DU di Lumajang, malam ini di tarik ke Pusdalops Jember.

“DU akan dipersiapkan di Pusdalops Tagana Jember hingga ada arahan selanjutnya dari pembina” kata Kholis dalam wawancaranya.

Progres dari assesmen dan pendataan lainnya terkait dampak kerusakan dan kerugian lain yang ditimbulkan, hingga saat ini masih dalam proses.

banner 336x280
Penulis: SyaifulEditor: Redaksi
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!