pimnasmapan
satkobapolressby
mhusyairi
smru
kapolsekrungkut
kapolsekgubeng
Shadow

Minimalisasi Resiko Bencana, Tagana Kota Mojokerto Gandeng Warga Lokal Lakukan Mitigasi

  • Bagikan
banner 468x60

Mojokerto, Delikjatim.com – Hujan dengan intensitas sedang mengguyur Kota Mojokerto selama beberapa jam, Minggu (9/1/2022).

Hal itu berdampak pada meningkatnya aliran sungai Brangkal dan sungai Sadar, kondisi ini pun menjadi sebab musabab meningkatanya debitnya air secara perlahan namun pasti.

banner 336x280

Fenomina tersebut menjadi alasan kuat satuan tugas tanggap bencana Tagana Dinsos Kota Mojokerto untuk melakukan mitigasi dan pemantaun pada dua sungai tersebut.

Walhasil, dari mitigasi dan pantauan yang dilakukan diketahui, pada pukul 19.00 WIB, debit air Sungai Sadar perbatasan Kabupaten dan Kota Mojokerto mulai meninggi, aneka material sampah, batang pohon, dan bambu menghiasi panorama tersebut.

Sebagai perwujudan dari Tagana Teman Masyarakat (TTM), Nur Hidayati tagana setempat bersama potensi masyarakat lokal bergerak melakukan pembersihan.

“Sampah-sampah yang menyangkut di dam Gedang Klutuk kami bersihkan bersama masyarakat,” kata Nur Hidayati, petugas Posko Tagana Kota Mojokerto.

Disisi lain, giat pembersihan sampah tersebut disaksikan langsung oleh Camat Puri Kabupaten Mojokerto, Nalurita Priswiandini SSTP MMedKom.

Nalurita (sapaannya) mengucapkan terima kasih atas aksi heroik Tagana Kota Mojokerto. Menurutnya, kepedulian dan aksi tanggap pra bencana yang di inisiasi tagana bersama warga sangatlah membantu warga itu sendiri, khususnya warga Desa Banjaragung, Kec. Puri, Kab. Mojokerto.

Dikatakan Ida kepada tim media bahwa, sebelum beranjak dari lokasi kegiatan, Nalurita menyampaikan,

“Warga Desa Banjaragung telah membentuk relawan kampung agar masyarakat lebih maksimal dan tanggap akan bencana banjir,” imbuhnya.

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!