20230111_185931
20230111_185931
Shadow

Kenalkan Tempat Bersejarah, SD Muhammadiyah 29 Surabaya Ajak Siswa Kunjungi Museum Sepuluh November

banner 468x60

Surabaya, Delikjatim.com – Guna mengenalkan tempat bersejarah, Sekolah Tahfidz Berkemajuan SD Muhammadiyah 29 Surabaya lebih dikenal SD Mudalan menggelar Outdoor Learning Tugu Pahlawan, Selasa (29/11/2022).

Penanggung jawab kegiatan, Eka Yuliantini, S.Si. menjelaskan pihak sekolah melaksanakan kegiatan tersebut dengan tujuan agar para siswa mengenal nilai-nilai perjuangan para pahlawan serta meningkatkan rasa patriotisme pada anak sejak dini.

“Kami masuk dipandu dengan tour guide yang sudah disediakan pihak museum, serta dijelaskan secara detail kepada anak-anak berbagai peristiwa sejarah yang sangat penting dalam perjalanan bangsa Indonesia menggapai dan mempertahankan kemerdekaan. Satu di antaranya adalah peristiwa heroik yang terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Surabaya”, terang Eka.

Masih dengan Eka, 141 siswa dari kelas satu hingga kelas tiga begitu antusias mendengar rekaman Pidato Bung Tomo yang begitu berapi-api untuk membakar semangat para pemuda saat ini serta terhampar berbagai lukisan, replika maupun senjata peperangan di dalam museum.

“Para siswa SD Mudalan sangat senang dan antusias berkunjung ke museum 10 November untuk melihat peninggalan sejarah selama masa penjajahan, serta Monumen yang berada di tengah kota dan menjadi ikon kota Surabaya”, paparnya.

Lanjut Eka, setelah berkeliling di museum 10 November, para siswa diajak untuk menikmati makan siang sekaligus mengisi soal-soal yang dibagikan para guru seputar pengalaman berkunjung ke museum tersebut.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan Outdoor Learning Tugu Pahlawan, para siswa dapat mengenal perjuangan arek-arek Suroboyo, serta meningkatkan rasa patriotisme pada anak sejak dini”, harapnya.

Para siswa SD Muhammadiyah 29 Surabaya mengikuti kegiatan Outbound Learning Tugu Pahlawan Surabaya

Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 29 Surabaya, Jatim MA menambahkan, kegiatan Outdoor Learning Tugu Pahlawan kali ini mengambil tema “Aku berani dan bertanggung jawab” sengaja dilaksanakan di museum 10 November karena ada korelasi antara tema dengan tempat.

“Sengaja mengangkat tema tersebut, karena generasi muda jaman sekarang semakin jauh dari apa yang telah diwariskan oleh para pendahulu dan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita, dimana sifat patriotik membela dan mendahulukan kepentingan orang banyak di atas kepentingan pribadi makin langka”, terang Jatim.

Jatim berharap, kedepannya pihak Sekolah dapat menyelenggarakan Outdoor Learning yang lebih aktual dan edukatif sehingga dari waktu ke waktu para peserta didik semakin kaya akan pengalaman lebih bermakna dan jarang didapatkan selain dari dunia pendidikan yang menyenangkan khususnya di SD Muhammadiyah 29 Surabaya.

“Mudah-mudahan kegiatan Outdoor Learning Tugu Pahlawan yang telah dilaksanakan mampu menjiwai dan meneladani para pahlawan, paling tidak sifat keberanian patut dicontoh, sehingga lebih optimis untuk menatap masa depan yang lebih baik, dan semoga Allah senantiasa memberi kekuatan kepada kita sebagai pendidik, sehingga bisa dijadikan inspirasi oleh para peserta didik dalam menata kehidupan yang lebih baik”, tutupnya.

banner 336x280
Penulis: YudaEditor: Redaksi
120x600

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!