20230111_185931
WhatsApp Image 2024-06-17 at 06.52.50
Shadow
Berita  

Dies Natalis ke-44, SMP Negeri 16 Surabaya Luncurkan Buletin Perdana

120x600
banner 468x60

Surabaya, Delikjatim.com – Dalam rangka memperingati Dies Natalis Ke-44 SMPN 16 Surabaya menggelar berbagai pentas seni, bazar, hingga launching buletin perdana, Kamis (16/11/2023).

Kepala SMP Negeri 16 Surabaya Dra Fadjarijah Nurulita MPd mengatakan kegiatan Dies Natalis ke-44 kali ini sekaligus launching buletin yang pertama terbit hari ini dari semua siswa dan guru untuk semua warga sekolah.

“Latar belakang terbentuknya buletin Spensixteen adalah dengan adanya program literasi di perpustakaan, dimana para siswa mempunyai ide dalam tulisan, akhirnya kita membuat buletin untuk menerima hasil karya tulisan siswa maupun guru,” terangnya.

Masih Fadjarijah Nurulita, tujuan dibuatnya buletin yakni,

Pertama, sebagai informasi sekolah yaitu memberikan informasi terkini mengenai kegiatan, prestasi, dan perkembangan sekolah kepada siswa, guru, orang tua, dan masyarakat.

Kedua, komunikasi guna meningkatkan komunikasi antara pihak sekolah, siswa, dan orang tua agar semua pihak terlibat dalam kehidupan sekolah.

Ketiga, pengembangan bakat yaitu menyediakan wadah bagi siswa untuk mengekspresikan bakat, minat, dan kreativitas mereka melalui tulisan, gambar, atau proyek seni.

Keempat, pendidikan non-akademis, yaitu mengedukasi siswa tentang nilai-nilai, norma, dan etika melalui artikel atau rubrik khusus.

Kelima, mengembangkan keterampilan menulis yakni memberikan kesempatan bagi siswa untuk meningkatkan keterampilan menulis mereka melalui kontribusi tulisan dalam buletin.

Keenam, rasa kepedulian yaitu menciptakan rasa kebersamaan dan kepedulian di antara anggota komunitas sekolah.

“Buletin ini juga dapat menjadi sarana untuk membangun semangat kebersamaan dan kebanggaan terhadap prestasi individu dan kelompok di lingkungan sekolah,” tuturnya.

“Untuk sementara kami masih membuat buletin dulu, kedepannya, perlahan tapi pasti akan menuju penerbitan majalah, sambil menyusun kepengurusan redaksi,” imbuhnya.

Lanjut Fadjarijah Nurulita, selain itu sebagai bentuk Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) yang di dalamnya terdapat Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P-5), Spensixteen juga menggelar stand bazar yang menjajakan empat jenis produk olahan empon-empon yaitu makanan dan minuman.

“Eksplorasi olahan empon-empon merupakan topik dari tema P-5 kearifan lokal, dimana para peserta didik dikenalkan dengan beragam jenis empon-empon yang kemudian mereka mengolahnya dalam beraneka ragam produk bernilai jual, dalam prosesnya peserta didik diajarkan bagaimana bergotongroyong, kreatif, bernalar kritis, dan berkebinekaan global,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia pelaksana Dies Natalies Ke-44 SMP Negeri 16 Surabaya Andreas Hariyanto STh menambahkan bahwasanya kegiatan Dies Natalis ke-44 kali ini mengusung tema Pahlawanku, Guruku dan Sekolahku.

“Kami mengusung tema tersebut karena dalam bulan ini ada tiga momen penting yakni hari jadi Spensixteen, hari pahlawan, dan hari guru yang kita kolaborasikan menjadi satu kegiatan supaya bisa berjalan dengan meriah,” paparnya.

Lanjut Andreas Hariyanto, sebanyak seribu seratusan lebih siswa dari kelas 7 hingga 9 yang mengikuti kegiatan tersebut mulai pagelaran drumband, tari remo, tari saman, karawitan, dan lain sebagainya.

“Kami juga sampaikan banyak terima kasih kepada para sponsorship donatur baik eksternal maupun internal, semoga kedepannya SMP Negeri 16 Surabaya semakin jaya,” tandasnya.

banner 336x280
Penulis: YudaEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!