20230111_185931
IMG-20231009-WA0001
Shadow
Berita  

Gandeng Pemerintah dan Swasta, Yabhysa Surabaya Gelar Konferensi Pers Pernyataan Bersama Upaya Kolaborasi Penanggulangan Tuberkulosis

120x600
banner 468x60

Surabaya, Delikjatim.com – Sebagai upaya pengentasan dan penanggulangan Tuberkulosis (TB), Yayasan Bhanu Yasa Sejahtera (Yabhysa) Sub Sub Recipient (SSR) kota Surabaya akan terus meningkatkan kerjasama dengan pemerintah dan swasta baik melalui layanan-layanan kesehatan yang telah ada juga bagaimana secara bersama-sama menanggulanginya dengan meningkatkan peran serta masyarakat.

Demikian disampaikan Ketua SSR Surabaya Dr Supatmi SKep Ns MKes dalam Konferensi Pers bertajuk Pernyataan Bersama Upaya Kolaborasi Penanggulangan Tuberkulosis di Hotel MovenPick jalan Ahmad Yani Nomor 71 Surabaya, Selasa (12/12/2023).

“Masyarakat tidak semuanya menyadari terhadap TB, dalam hal ini menjadi PR besar kita bersama sehingga pemberdayaan masyarakat menjadi target utama, selain kita bersinergi dengan program yang telah ada, baik dari pemerintah, maupun swasta,” ujarnya.

Lanjut Supatmi, kalau dilihat jenis bakteri penyebab TB adalah bakteri yang salah satunya cocok tumbuh dan berkembang biak di wilayah tropis seperti Indonesia.

“Oleh sebab itu, bagi orang tua yang sudah dinyatakan positif TB, dan dia dalam fase pengobatan tersebut melahirkan, harus dilakukan pencegahan dengan cara memakai masker, karena penyebaran TB melalui droplet yaitu cairan atau cipratan liur yang dikeluarkan seseorang dari hidung atau mulut saat bersin, batuk, bahkan berbicara,” tuturnya.

Konferensi pers tersebut dihadiri anggota komisi B DPRD kota Surabaya dr. Zuhrotul Mar’ah Lailatusholichah, perwakilan pemerintah kota, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan kota Surabaya Rosita Dwi Yuliandari SKm MEpid.

Hadir pula Ketua SSR Surabaya Dr Supatmi SKep Ns MKes, Wasor Priyo Susilo SKep Ns, perwakilan RS Suwandi, Kopi TB Surabaya, MK DPPM kota Surabaya, Dinas Kominfo serta awak media.

Sementara itu, Wakil Supervisor TB Dinas Kesehatan kota Surabaya Priyo Susilo SKep Ns sangat mengapresiasi Yabhyisa yang telah membantu pihak Dinas Kesehatan kota Surabaya selama ini.

“Kami berharap masyarakat kota Surabaya bisa secara aktif sejak dini untuk periksa, apabila mengetahui gejala-gejala yang berhubungan dengan TBC, agar sedini mungkin bisa diatasi, tidak akan terjadi keterlambatan dalam penanganan sehingga akan terputus mata rantai penyakit TB”, pungkasnya.

banner 336x280
Penulis: YudEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!