20230111_185931
IMG-20231009-WA0001
Shadow
Berita  

Karya 5 Siswa SMAMX Game Based Learning Media for STEM Education in Special Needs Students Raih Medali Perak di I2ASPO 2023

120x600
banner 468x60

Surabaya, Delikjatim.com – I2ASPO merupakan kompetisi bertajuk Indonesia International Applied Science Project Olympiad yang didelenggarakan IYSA bekerjasama dengan Fakultas Sains dan Analisis Data (FSAD) Institut Teknologi Sepuluh Nopember yang mengundang siswa SD, SMP, SMA, dan Universitas untuk menjadi peserta agar mampu memberikan kontribusi untuk menghasilkan suatu produk yang dapat digunakan oleh masyarakat luas.

SMA Muhammadiyah 10 Surabaya lebih dikenal SMAMX melalui potensi Sains Tauhidtik mengikutkan 5 siswanya sebagai pessrta dengan mengambil teman “Game Based Learning Media for STEM Education in Special Needs Students” adalah judul penelitian yang dilakukan oleh 5 siswi kelas XI SMAMX Putri: Griselda Yusriyah Azalia, Nailah Salsabila Gitamawardi, Annisa Amelia Raihani, Suad Khalid, dan Deswinda Ayu Nayalatif.

Penelitian tersebut dilakukan dalam rangka sebagai persaratan peserta kompetisi “I2ASPO” atau Indonesia International Applied Science Project Olympiad di ITS Surabaya pada 19-21 Desember 2023.

Alhamdhulillah tim olimpiade SMAMX berhasil meraih medali perak kompetisi “I2ASPO” atau Indonesia International Applied Science Project Olympiad di ITS Surabaya beberapa hari yang lalu.

Menurut Ustadzah Gadis pembina potensi Sains Tauhidtik SMAMX, dalam research tersebut, Griselda dan tim mencoba menemukan solusi dari permasalahan sulitnya peserta didik berkebutuhan khusus untuk beradaptasi dengan cara belajar konvensional.

Dari situ, mereka menciptakan sebuah mode pembelajaran berbasis game bernama “Memorize by Colour Cards” dimana siswa inklusi belajar menggunakan kartu bergambar dengan warna tertentu yang memudahkan mereka dalam mengingat materi.

Penelitian tersebut dilakukan terhadap siswa berkebutuhan khusus di SMA Muhammadiyah 10 dan SLB Galuh Handayani.

Hasilnya, setelah diaplikasikan ternyata mode pembelajaran tersebut membuahkan perubhan positif terhadap peserta didik baik dari segi penerimaan materi sekaligus sikap dalam belajarnya.

“Saya berharap ke depannya potensi Sains Tauhidtik SMAMX tidak hanya mengirim tim putri saja, tapi juga tim putra agar dapat mengikuti perlombaan internasional lainnya dan menjadi best presentation maupun best poster dalam perlombaan tersebut,” tambah ustdzah Gadis.

Sementara itu, Direktur MBA Spartans SMAMX Ir Sudarusman sangat mengapresiasi dan bangga kepada siswa siswi yang meraih medali perak kompetisi I2ASPO atau Indonesia International Applied Science Project Olympiad di ITS.

“Mudah-mudahan prestasi tersebut bisa memotivasi siswa yang lain untuk ikut serta dalam meraih prestasi. Terus berusaha memberikan yang terbaik serta terus mengasah ketrampilan, jangan mudah puas dengan apa yang telah didapat. Apalagi dengan jenjang yang masih SMA pasti masih bisa meningkatkan dan mencari prestasi yang lainnya”, tandas Sudarusman. 

banner 336x280
Penulis: YudaEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!