20230111_185931
IMG-20231009-WA0001
Shadow
Berita  

Siswa Daejeo Middle and High School Busan Korea Selatan Belajar Mewarnai Topeng Panji di Spemma

120x600
banner 468x60

Surabaya, Delikjatim.com – Memasuki hari ke-5 pertukaran pelajar (student exchange), para siswa Daejeo Middle and High School, Busan, Korea Selatan belajar mewarnai topeng Panji di SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya (Spemma), Selasa (23/1/2024).

Humas SMP Muhammadiyah 5 Surabaya Miftakul Khoir SPd mengatakan, topeng Panji berasal dari Indonesia, dimana topeng tersebut merupakan bagian dari seni tradisional Jawa Barat yang digunakan dalam pertunjukan wayang topeng.

“Kami mengajak 16 siswa Korea untuk belajar mewarnai topeng Panji sebagai bentuk pengenalan budaya lokal Nusantara dimana topeng Panji merupakan salah satu kesenian dari Cirebon Jawa Barat,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Miftakul Khoir mewarnai topeng Panji juga memiliki beberapa tujuan, antara lain untuk menambah nilai estetika, memberikan identitas karakter atau cerita yang diwakili oleh topeng, serta sebagai bentuk penghormatan terhadap tradisi dan warisan budaya.

“Mudah-mudahan dengan belajar mewarnai topeng Panji, para siswa Korea tersebut semakin memahami berbagai budaya khas asli Indonesia, sehingga mereka bangga dan cinta kepada Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, Guru Seni Budaya Spemma Teguh Prasetyo SPd berharap anak-anak bisa mengeksplorasi unsur-unsur seni dimana dasarnya dari garis, bangun, bidang, warna, dan tekstur.

“Melukis topeng Panji memiliki beberapa kesulitan bagi anak-anak, seperti dikejar dengan waktu, serta kejenuhan yang membuat anak-anak mudah menyerah, detail hal-hal yang kecil sering kurang diperhatikan,” tuturnya.

“Memberikan warna-warna cerah seperti merah, kuning, dan hijau dapat memberikan kehidupan pada topeng panji, menciptakan kesan yang kuat dan energetik. Kombinasi tersebut dapat mencerminkan semangat dan harapan yang diinginkan,” tandasnya.

banner 336x280
Penulis: YudaEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!