20230111_185931
IMG-20231009-WA0001
Shadow
Berita  

Sudarusman Ajak Sekolah Cerdas Mencari Murid dan Mau Menjadi Pendengar Yang Baik

120x600
banner 468x60

Surabaya, Delikjatim.com – Cerdas mencari murid bagi sekolah adalah keharusan, karena pertumbuhan jumlah murid sangat erat hubungannya dengan keunggulan sebuah sekolah. Artinya sekolah unggul itu, sekolah yang rekomendasi dan diminati masyarakat.

Demikian disampaikan Direktur Penjamin Mutu dan Branding MBA Spartans Surabaya Ir Sudarusman ketika diminta pendapatnya pada acara pembinan pimpinan sekolah dan waka SMP Muhammadiyah 2 Surabaya, Selasa (9/1/2024).

Menurutnya, salah satu cara terbaik untuk meningkatkan jumlah murid, sekolah harus mau berpikir cerdas, membangun budaya kerja yang tinggi serta harus melakukan banyak inovasi dan improvisasi.

“Pada situasi seperti sekarang ini, pimpinan sekolah harus bersikap lebih gesit, ambil kendali dengan menerapkan sistem untuk secara aktif meminta data jumlah murid baru yang sudah mendaftar dan selanjutnya dilakukan analisa prihal peminatan memilih sekolah, dengan harapan sekolah bisa memberikan jawaban terhadap semua tantangan menuju sukses PPDB,” ujar Sudarusman.

Tidak hanya itu, lanjut Sudarusman, sekolah juga harus mau menjadi pendengar yang baik, namun secara realita tidak banyak sekolah mampu melaksanakan. Tidak banyak sekolah yang mau menjadi pendengar atau mendengarkan. Sebaliknya lebih ingin didengar, diantaranya tidak mau menerima saran dan kritik alias merasa paling benar.

“Jika ini terjadi di sebuah sekolah, maka bisa dipastikan sekolah tidak mungkin diminati masyarakat atau PPDB-nya gagal,” tandasnya.

banner 336x280
Penulis: Sudar/YudaEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!