20230111_185931
WhatsApp Image 2024-06-17 at 06.52.50
Shadow
Berita  

Kartika Jatim Ikuti Sapa Pilar Kesejahteraan Sosial Wilayah Bakorwil Malang

120x600
banner 468x60

Malang, Delikjatim.com – Sebagai apresiasi atas dedikasi para pilar Kesejahteraan Sosial, Gubernur Jawa Timur Dr (HC) Dra Hj Khofifah Indar Parawansa MSi menyapa para pilar sosial se-Bakorwil Malang di GOR Ken Arok kota Malang, Sabtu (11/11/2023).

Para pilar yang hadir sejumlah 1.836 orang, berasal dari Kabupaten dan Kota Malang, kota Batu, kabupaten dan kota Blitar, kabupaten dan kota Pasuruan, serta tambahan dari Surabaya dan Sidoarjo.

Dalam gelaran bertajuk “Sapa Pilar-pilar Kesejahteraan Sosial” tersebut, Khofifah Indar Parawansa mengatakan ditahun 2020 kemiskinan estrem di Jatim sebesar 4,4 %. Selanjutnya pada tahun 2021 turun menjadi 2,23 %, turun lagi menjadi 1,8 % pada bulan Maret 2022.

Bulan September 2022 turun menjadi 1,56 % dan bulan Maret 2023 turun lagi menjadi 0,82 %.

“Ini semua karena peran serta semua pilar sosial yang luar biasa. Terima kasih karena telah bekerja dengan hati, dengan empati kepada masyarakat yang membutuhkan kita semua,” ungkap Gubernur Khofifah Indar Parawansa.

Bahkan, ekonomi Jawa Timur secara Q to Q berhasil tumbuh impresif di atas nasional dan menjadi yang tertinggi di pulau Jawa sebesar 1,79% di triwulan III tahun 2023.

“Alhamdulillah, salah satu bukti nyata keberhasilan Jatim adalah berkat dukungan semuanya. Utamanya, dalam hal penurunan kemiskinan termasuk kemiskinan ekstrem di Jatim juga turun dengan ekstrem,” imbuhnya.

Gubernur Khofifah menekankan, bahwa para pilar kesejahteraan sosial juga membawa misi kemandirian, dimana semangat ini dapat memotivasi para penerima bantuan dan pendampingan dapat terus meningkatkan kualitas hidup mereka.

“Pilar sosial tidak sekedar menyalurkan bantuan sosial tetapi juga nilai-nilai kemandirian. Semangat kalian yang luar biasa ini membangun investasi sosial bagi masyarakat yang berkebutuhan agar dapat mereka hidup mandiri,” tuturnya.

Kepada awak media Delikjatim.com, Ketua Karang Taruna Anti Narkotika (Kartika) Jawa Timur Erna Handayani SE menjelaskan pihak Kartika Jatim turut serta menghadiri kegiatan Sapa pilar Kesejahteraan Sosial Wilayah Bakorwil Malang bersama Gubernur Jawa Timur di Graha Ken Arok Malang.

“Bersama 17 satgas Kartika Jatim, kami berangkat dari Surabaya hari Sabtu sekitar pukul 08.00 WIB dengan titik kumpul apartemen Klaska Residence,” terangnya.

Dari Kartika Jatim, lanjut Erna, membaur bersama berbagai pilar seperti Tim Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) hingga pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) selama ini telah menjadi perpanjangan tangan Pemprov Jatim dalam upaya menurunkan kemiskinan di Graha Ken Arok Malang sekitar pukul 15.00 WIB sembari menunggu kedatangan Gubernur Jatim.

“Alhamdulillah, kami dari Kartika Jatim menyampaikan banyak terima kasih kepada ibu Khofifah Indar Parawansa yang telah peduli dan memfasilitasi para pekerja sosial”, ungkapnya.

“Mudah-mudahan Jawa Timur kedepannya akan semakin maju, meningkatnya kesejahteraan bersama dan memperkuat ikatan sosial”, tandasnya.

banner 336x280
Penulis: YudaEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!