20230111_185931
IMG-20231009-WA0001
Shadow

Pemungutan Suara Di Kalijaten Berjalan Sukses Dan Kondusif, Nurul Huda Apresiasi Kinerja KPPS

120x600
banner 468x60

Sidoarjo, Delikjatim.com – Secara umum pelaksanaan pemungutan suara di Kelurahan Kalijaten Taman Sidoarjo, berjalan sukses dan kondusif.

Pada salah tempat pemungutan suara, TPS 25 Kalibader RT 16 RW 03, Kelurahan Kalijaten, Kecamatan Taman, Kabupaten Sidoarjo, Kontestan Pilpres Paslon 02, kubu Prabowo Gibran, unggul telak atas paslon lainnya.

Galian informasi yang berhasil dihimpun, dari jumlah daftar hak pilih (DPT) sebanyak 203 jiwa di TPS 25 tersebut, tercatat 149 jiwa yang menggunakan hak pilihnya, sementara sisanya 54 jiwa memilih absen.

Kemudian dari hasil penghitungan kotak suara DPR RI, yang dimulai pada pukul 14.00 Wib (14/02/2024), perolehan suara Paslon 02 unggul atas paslon saingannya, pasangan Prabowo Gibran menembus angka 118 suara, sedang dua paslon lainnya masing-masing memperoleh 14 suara.

Arisma Fauziah, ketua KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara) TPS 25 Kalijaten mengatakan, semua tahapan proses dan mekanisme pelaksanaan pemungutan suara di wilayahnya berjalan aman nyaman dan tertata. Menurut Risma yang tengah hamil tua ini, pihaknya sebagai ketua KPPS menjalankan tugasnya lebih bertumpu pada target kondusifitas yang kondisional, tidak mengekang, tidak tegang dan nyaman, namun tetap prosedural.

“Kami berupaya semaksimal mungkin pelaksanaan pesta rakyat lima tahunan ini berjalan sukses. Semua tahapan secara prosedural kami lalui prosesnya. Sementara kebawah kami tetap menyinkronkan antara budaya lokal, kearifan lokal dengan peraturan KPU yang mengatur regulasi Pemilu” kata Risma.

Sistem yang ia tata melalui koordinasi dan sinergi ini terbukti jitu, kecepatan dan ketepatan mekanismenya tergolong sangat bagus dan mendapat apresiasi dari ketua PPS setempat.

Alhamdulillah, ujar Risma, trik dan langkah sinergitas yang kami aplikasikan di lapangan sangat efektif dan efisien. Terbukti misi pelaksanaan demokrasi pemilu yang kami emban tercepat valid dan rapi.

“Kami nomer dua menyerahkan kotak suara hasil penghitungan ke kantor kelurahan, setelah TPS 13. Dan TPS kami mendapat apresiasi dari ketua PPS kami, Bapak Nurul Huda, atas kinerja kami itu” ucap Risma saat diwawacara awak media (14/2/2024), pukul 23.00 Wib, usai penghitungan akhir.

Terpisah, Nurul Huda, Ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara), Kelurahan Kalijaten, Taman Sidoarjo, mengakui hal itu.

Huda menyebut, semua TPS sudah menyetor kotak suara secara keseluruhan ke kelurahan.

“Setiap TPS ada 5 kotak suara, jadi dari 25 TPS yang ada di wilayah kelurahan Kalijaten, sudah terkumpul sebanyak 125 kotak suara, artinya semua TPS sudah setor semua” kata Huda.

Ia menyampaikan, proses pelaksanaan baik secara teknis maupun non teknis rangkaian pelaksanaan Pemilu, sudah dijalankan sesuai tahapan-tahapannya.

“Syukur Alhamdulillah proses pemungutan suara di Keluarahan Kalijaten berjalan kondusif. Untuk itu kami mengapresiasi kinerja kawan-kawan KPPS, khususnya TPS 25, walaupun ketua KPPS nya dalam kondisi hamil, mereka mampu membuktikan etos kerja yang cekatan dan profesional. Bahkan TPS 25 penyetor kotak perolehan suara nomer 2, dan dikawal langsung oleh ketua KPPS nya. Kami salut atas semangat dan tanggungjawabnya” ungkap Huda di aula Kelurahan (15/2/2024).

Selanjutnya Huda menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses pemungutan suara kali ini, hingga target kondusifitas pelaksanaan terwujud.

Pengiriman kotak suara dari TPS ke kantor Kelurahan dikawal langsung oleh ketua KPPS dari TPS 25 Kalijaten, meskipun saat itu dalam kondisi hamil (Bumil), didampingi Linmas dan beberapa anggota TPS lainnya.

banner 336x280
Penulis: Syaiful Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!