20230111_185931
IMG-20231009-WA0001
Shadow
Sosial  

Melayani Kebutuhan Warga Terdampak Banjir, Dinsos Jatim Buka DU

120x600
banner 468x60

Sidoarjo, Delikjatim.com – Kepala Dinas Sosial Provinsi Jatim, Dra Restu Novi Widiani MM, melakukan kunjungan ke lokasi Pelayanan Dapur Umum (DU) Tagana Dinsos Jatim, di Halaman Utama Kantor BPBD Provinsi Jatim, Jl Letjend S Parman No 55 Krajan Kulon Waru, Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo, serta melihat langsung keberadaan pengungsi. Kamis, 08 Februari 2024.

Pasalnya, beroperasinya DU ini guna melayani kebutuhan permakanan warga terdampak banjir akibat tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Waru, hingga merendam Desa Waru, Pepelegi, Bungurasih, Medaeng dan desa Kureksari, sejak Selasa, 06 Februari 2024.

Hari ini DU Tagana Dinsos Jatim menyediakan permakanan sebanyak 1.500 bungkus untuk dibagikan kepada warga yang belum dapat beraktifitas akibat banjir tersebut, baik yang bertahan di rumah maupun yang berada di shalter pengungsian.

Selain memberikan semangat kepada pilar sosialnya yang tengah bertugas di DU, Kadinsos Novi juga berinteraksi langsung dengan beberapa pengungsi terdampak banjir. Disampaikan pula bahwa hari ini (8/02/2024) dua pejabat penting di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim, Wakil Gubernur, Emil Elestianto Dardak (Emil Dardak), dan Sekretaris Daerah, Adhy Karyono, juga melakukan kunjungan ke lokasi yang sama.

“Pada hari yang sama namun selisih waktu, Pak Wagub dan Pak Sekda memberikan perhatian lebih atas penaganan bencana yang dilakukan Dinsos Jatim dan BPBD Jatim, yang membuka DU dengan menurunkan 45 Tagana Kabupaten Sidoarjo dan Tagana Provinsi Jatim, serta LDP (Layanan dan Dukungan Psikososial) yang dilakukan oleh Peksos (Pekerja Sosial) dari Dinsos Jatim” kata Novi.

Novi yang pernah menjabat sebagai Kadis DP3AK ini melanjutkan, Pam Wagub terlihat lama di pengungsian, bahkan berkesempatan memberikan bantuan Spesifik bagi Perempuan dari DP3AK (Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan), dan tolkit mainan anak untuk waktu siang hari.

“Sementara Pak Sekda berkunjung ke DU Tagana saat siang menjelang sore. Di DU Tagana beliau sempat luangkan waktu jajal masak dan mencicipi masakan Tagana” ujarnya.

Melihat hal itu, kata Novi, perasaan semringah Tagana tak dapat disembunyikan, terlebih ketika mendapat kesempatan berfoto bersama dengan Pak Sekda. “Ternyata memang Bapak Sekda yang pernah menjadi Direktur Bencana Alam Kemensos RI ini, selalu ready” imbuhnya.

Novi berpesan agar Tagana Jatim pun selalu semangat, tanggap dan menjaga kekompakan dalam menjalankan misi kemanusiaan dengan penuh tanggungjawab dan bermartabat.

banner 336x280
Penulis: Syaiful Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!