20230111_185931
WhatsApp Image 2024-06-17 at 06.52.50
Shadow
Berita  

Ketelitian Petugas Lapas Pamekasan Gagalkan Penyelundupan HP

120x600
banner 468x60

Pamekasan Delikjatim.Com – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pamekasan Kanwil Kemenkumham Jatim berhasil gagalkan upaya penyelundupan alat komunikasi berupa handphone melalui layanan kunjungan Warga Binaan, Kamis (22/2/2024). Hal ini tidak lepas dari kecermatan petugas dalam melaksanakan Standar Operasional Prosedur penggeledahan terhadap badan pengunjung sebagai langkah awal dalam mengatasi gangguan keamanan dan ketertiban yang bisa saja terjadi di Lapas.

Kepala Lapas IIA Pamekasan, Seno utomo, tak henti-hentinya mengimbau para petugas untuk lebih ketat dalam pemeriksaan terhadap barang-barang maupun badan pengunjung yang masuk ke Lapas. “Waspada jangan-jangan. Itulah kunci kecermatan seorang petugas Pemasyarakatan dalam mengamati situasi dan gerak-gerik yang mencurigakan di sekitarnya. Hal tersebut tercermin pada peristiwa penggagalan penyelundupan handphone ini. Ke depannya, kami akan terus meningkatkan kewaspadaan. Kami imbau bagi pengunjung maupun Warga Binaan, jika melakukan pelanggaran, tidak segan-segan akan kami proses hukum,” tegasnya.

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), yang dipimpin oleh Leksono Novan kepada media ini menyatakan pihaknya telah berhasil menggagalkan aksi penyeludupan benda terlarang seperti “handphone” yang dikemas dalam Keresek Makanan Besukan untuk diberikan kepada tahanan. “Awalnya kami sudah mencurigai gerak gerik pelaku yang tampak sangat mencolok dan menarik perhatian petugas, alhasil setelah kita geledah barang bawaannya kami temukan satu buah handphone yang dimasukkan kedalam Keresek Barang Bawaan Besukan untuk diberikan kepada tahanan,” ucap Leksono novan.

Leksono Novan menegaskan, Tindakan yang dilakukan oleh pihaknya kami sudah sesuai SOP, itupun dilakukan lantaran meminimalisir adanya hal hal yang tidak diinginkan, seperti adanya Senjata tajam, Narkoba, dan yang lainnya yang dapat menganggu ketertiban lapas. “Sebelumnya saya sudah mengantisipasi kepada seluruh warga binaan agar bersikap kooperatif demi menjaga keamanan dan ketertiban. Bahkan saya juga menyampaikan jangan sampai memasukkan barang-barang terlarang terutama senjata tajam bahkan narkoba, jika ketahuan akan saya tindak tegas.” Imbuhnya.

Diketahui pengunjung (pelaku), Pengunjung tersebut berniat menitipkan makanan untuk WBP selaku Anak kandung dari pelaku penyelundupan. Atas perbuatannya, petugas berhasil mengamankan 1 unit Hp yang di selundupkan, Sementara itu ,Untuk WBP nya diberikan sanksi ditempatkan di sel tutupan sunyi sambil menunggu proses BAP dan pemberian sanksi yang lain. Bagi keluarga yang bersangkutan, tidak diperbolehkan untuk berkunjung selama 14 hari.

Ke depannya, Lapas Pamekasan akan terus berkomitmen dalam mewujudkan Lapas zero handphone, pungutan liar, dan narkoba. “Layanan kunjungan dapat menjadi filter utama masuknya barang, terutama alat komunikasi, melalui proses penggeledahan barang dan badan yang ketat bagi setiap pengunjung Warga Binaan,” jelas Leksono Novan.

banner 336x280
Penulis: Rohman Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!