20230111_185931
IMG-20231009-WA0001
Shadow
Berita  

Buka Baitul Arqam SD Muhlas, Begini Pesan Ketua Majelis Dikdasmen PCM Krembangan

120x600
banner 468x60

Surabaya, Delikjatim.com – Sekolah Prestasi SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD Muhlas) melaksanakan Baitul Arqam mulai 28 Maret hingga 4 April 2024.

Pembukaan Baitul Arqam dilaksanakan di Auditorium AR Fachruddin lantai empat gedung SD Muhammadiyah 11 Surabaya (SD Muhlas) yang diikuti 400 siswa kelas 4 hingga kelas 6.

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur Dr Muhammad Sholihin Fanani MPSDM, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Krembangan Surabaya Akhwan Hamid MPdI, Wakil Ketua PCM bidang pendidikan H Sutikno SSos, dan Ketua Majelis Dikdasmen PCM Krembangan Dr H Izza Anshory ST MT.

Hadir pula perwakilan Komite-Paguyuban SD Muhammadiyah 11 Surabaya, perwakilan pengurus dan santri Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Muhammadiyah KH Achmad Dahlan serta Nyai Walidah.

Dalam sambutannya, Kepala SD Muhammadiyah 11 Surabaya Mursiah SAg menyampaikan rasa syukur atas terlaksananya kegiatan Baitul Arqam yang diikuti kelas 4 hingga kelas 6.

“Kegiatan Baitul Arqam kali ini ada yang menginap yakni kelas 5, bertajuk Tingkatkan Keimanan dengan Saling Berbagi di bulan Suci, artinya untuk tahun ini 1445 H harus ditingkatkan sedekah, infaq, dan zakatnya,” jelasnya, Kamis (28/3/24).

“Jangan lupa orang tua diingatkan untuk zakat baik di musholla, masjid maupun sekolah, dan SD Muhlas masih membuka infaq dan sedekah,” imbuhnya.

Lanjut Mursiah, tujuan dilaksanakannya Baitul Arqam yakni, pertama, meningkatkan pemahaman keislaman, kedua, menciptakan kesamaan sikap visi ideologi dari persyarikatan Muhammadiyah di SD Muhlas, dan ketiga, akan dapat meningkatkan kesalehan spritual.

Sementara itu, Ketua Majelis Dikdasmen PCM Krembangan Dr H Izza Anshory ST MT sangat bangga dan mengapresiasi pelaksanaan Baitul Arqam SD Muhammadiyah 11 Surabaya.

“Dulu Nabi Muhammad mendidik, melakukan pembinaan di rumah sahabat yang bernama Arqam yakni sebuah rumah di Mekah yang menjadi markas bagi awal dakwah Islam. Rasulullah Muhammad SAW dan para sahabatnya sering berkumpul di sana untuk mempelajari ajaran Islam dan menyebarkan dakwah kepada masyarakat,” tuturnya.

“Baitul Arqam memiliki peran penting dalam perkembangan awal Islam karena menjadi tempat bagi pembelajaran, perencanaan strategi, dan pengorganisasian komunitas Muslim awal,” imbuhnya.

Izza Anshory berpesan kepada para siswa SD Muhlas, ada 5 kata kunci sukses diantaranya,
Pertama, selalu beristighfar memohon ampun kepada Allah.
Kedua, bersabar menahan amarah juga sabar mengikuti Baitul Arqam.
Ketiga, berinfak, kalau di rumah selama bulan Ramadan harus sering berinfak baik pikiran, tenaga, maupun harta benda.
Keempat, bersikap pemaaf.
Kelima, selalu berbuat baik, maka kebaikan tersebut kembalinya untuk diri kita sendiri.

“Majelis dikdasmen mengucapkan terima kasih dan selamat mengikuti Baitul Arqam kepada para siswa SD Muhammadiyah 11 Surabaya, semoga mendapatkan ilmu bermanfaat dan jadi orang sukses,” tandasnya.

banner 336x280
Penulis: YudaEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!