20230111_185931
IMG-20231009-WA0001
Shadow
Berita  

Pemuda Hafidz Surabaya Gelar Festival Ramadhan

120x600
banner 468x60

Surabaya, Delikjatim.com – Pemuda Hafidz Surabaya berkolaborasi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) kota Surabaya, dan Takmir Masjid Baitul Hakam menggelar Festival Ramadhan yang ke-11 tahun di Masjid Baitul Hakam jalan Kalimas Baru nomor 121 Perak Surabaya, Sabtu (2/3/24).

Festival Ramadhan diikuti 413 peserta Lomba Tartil, Lomba Tahfidz, Lomba kaligrafi, Lomba Dai dan Adzan dari TK, SD, SMP, dan SMA se-Jawa Timur, hadir pula Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surabaya Dr HM Ridlwan MPd didampingi Wakil Ketua PDM Surabaya H Hasan Cholis SE.

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Surabaya Dr HM Ridlwan MPd dalam sambutan pembukaannya sangat mengapresiasi dan bangga terhadap Pemuda Hafidz Surabaya yang telah sukses menyelenggarakan kegiatan Festival Ramadhan ke-11 tahun.

“Pelaksanaan Festival Ramadhan oleh Pemuda Tahfidz Surabaya kerja bareng Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Surabaya sangat tepat dilaksanakan pada akhir bulan Sya’ban 1445 H,” tuturnya.

Lanjut Ridlwan, Festival Ramadan memiliki beberapa hikmah, di antaranya:
Pertama, Meningkatkan Kesadaran Spiritual: Festival Ramadan memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk mendalami ajaran agama, meningkatkan ibadah, dan mendekatkan diri kepada Allah. Ini membantu memperkuat ikatan spiritual dan kesadaran akan tujuan hidup yang lebih tinggi.

Kedua, Mempererat Ikatan Sosial: Festival ini memungkinkan orang-orang untuk berkumpul bersama dalam suasana yang penuh kasih sayang dan kebersamaan. Ini mempererat ikatan sosial antarindividu dan komunitas, serta memberikan kesempatan untuk berbagi pengalaman dan cerita.

Ketiga, Mendorong Kebaikan dan Kebajikan: Festival Ramadan sering kali disertai dengan kegiatan amal dan sumbangan untuk membantu mereka yang kurang beruntung. Ini mendorong orang untuk berbuat baik, memberikan sedekah, dan peduli terhadap sesama, memperkuat nilai-nilai altruisme dan kepedulian sosial.

Keempat, Pendidikan dan Pencerahan: Melalui seminar, ceramah, dan kegiatan lainnya, Festival Ramadan dapat menjadi sumber pengetahuan dan pencerahan bagi umat Islam. Ini membantu meningkatkan pemahaman tentang ajaran agama, tata cara beribadah, dan nilai-nilai yang dianut dalam Islam.

Kelima, Menyebarkan Pesan Damai dan Keharmonisan: Festival Ramadan sering kali merupakan waktu di mana pesan-pesan damai, toleransi, dan keharmonisan antarumat beragama diperkuat. Ini menjadi platform untuk mempromosikan perdamaian, pengertian, dan kerjasama antarberbagai kelompok masyarakat.

“Secara keseluruhan, Festival Ramadan memberikan banyak hikmah yang membantu memperkuat ikatan spiritual, sosial, dan moral dalam masyarakat Muslim, serta mempromosikan nilai-nilai kebaikan dan kedamaian kepada semua,” tuturnya.

“Selamat berkompetisi kepada seluruh peserta Festival Ramadhan baik dari tingkat TK, SD, SMP, maupun SMA, mudah-mudahan kegiatan ini menjadi berkah bagi kita semua, dan sukses sampai akhir acara,” harapnya.

Sementara itu, Ketua panitia Festival Ramdhan Jumardi menyampaikan rasa bangga yang tidak terhingga akan kehadiran bulan Ramadhan sebagai bentuk
keimanan seorang muslim, dari rasa bangga tersebut menciptakan Allah Ta’ala mengharamkan
api neraka untuk menyentuh jasadnya.

“Namun meski demikian, kita harus mempersiapkan
segala sesuatu untuk mengisi bulan Ramadhan tersebut. Agar itu semua bisa menghadirkan
amal-amal terbaik didalamnya dan Ramadhan tidak berlalu sia-sia dari kehidupan kita, tanpa
meninggalkan kemuliaan sedikitpun,” ujarnya.

Jumardi berharap, bulan yang penuh berkah yakni bulan Ramadhan dapat menjadi sarana untuk meningkatkan
kualitas keimanan kita sehingga tantangan dan cobaan yang Allah berikan dimasa yang akan
datang dapat dilalui dengan baik dan generasi Islami yang kita dambakan dapat terwujud.

“Maka dalam hal ini kami ingin ikut berperan aktif dalam mendukung semangat menghafal dan mengamalkan Al Qur’an di bulan Ramadhan ini dengan mengadakan perlombaan Festival Ramadhan yang diharapkan dapat memacu motivasi mereka
dalam mempelajari serta mengahafal Al Qur’an, mudah-mudahan acara ini mendapat dukungan
dari berbagai pihak dan Rahmat dari Allah SWT, Aamiin,” tandasnya.

banner 336x280
Penulis: YudaEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!