20230111_185931
IMG-20231009-WA0001
Shadow
Berita  

Darul Arqam SD Muhammadiyah 22 Surabaya, Siswa Praktik Manasik Haji

120x600
banner 468x60

Surabaya, Delikjatim.com – SD Muhammadiyah 22 Surabaya melaksanakan kegiatan Pondok Ramadan atau Darul Arqam yang dilaksanakan tanggal 1 hingga 5 April 2024.

Kepada awak media delikjatim.com, salah satu guru SDM 22 Surabaya Hidayatul Mabruroh SAg menyatakan, untuk kegiatan Pondok Ramadan kali ini pihak sekolah mengajarkan kepada para siswa tentang manasik haji.

“Dengan praktik manasik haji, para siswa akan mengetahui caranya sesuai yang diajarkan oleh Rasulullah SAW,” terangnya, Kamis (4/4/24).

Kegiatan praktik manasik haji tersebut, sambung Hidayatul Mabruroh, diikuti sekitar 100 siswa kelas 6.

“Edukasi dari kegiatan tersebut yakni bahwasanya ibadah itu mengikhlaskan harta benda dan fisik kita hanya untuk Allah SWT semata,” tuturnya.

Hidayatul Mabruroh berharap para siswa setelah mengikuti praktik manasik haji akan mengerti akan rukun Islam yang ke-5 yaitu tentang ibadah haji.

“Haji itu sendiri adalah mengajarkan bagaimana mendapatkan ridho Allah dengan tenaga dan harta benda benar-benar kita serahkan kepada Allah, dan setelah datang dari ibadah haji nanti, anak-anak akan mengaplikasikan kepada masyarakat yakni peka terhadap sosialnya, karena termasuk syarat mabrur tidaknya haji tersebut,” tegasnya.

Sementara, Kepala SD Muhammadiyah 22 Surabaya Listianah SEI menjelaskan, tujuan dilaksanakannya kegiatan Darul Arqam adalah menanamkan kepada anak-anak bagaimana simulasi atau praktik supaya anak-anak mengetahui tata cara ibadah yang benar.

“Rangkaian kegiatan Darul Arqam SD Muhammadiyah 22 Surabaya mulai hari Senin 1 April 2025 yakni mulai praktik sholat tarawih, perawatan jenazah, praktik sholat Idul Fitri, dan manasik haji,” terangnya.

Untuk praktik manasik haji, sambung Listianah, untuk memberikan motivasi kepada anak-anak supaya mempunyai keinginan kuat untuk berangkat ibadah haji.

“Mudah-mudahan dengan pelaksanaan praktik manasik haji bisa menjadi pengalaman yang berharga dalam memahami nilai-nilai agama dengan benar. Namun, hal tersebut juga perlu direncanakan dengan cermat, memperhatikan aspek keselamatan, keterampilan mengajar yang tepat untuk usia mereka, serta kesiapan mental dan fisik anak-anak,” tandasnya.

banner 336x280
Penulis: YudaEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!