20230111_185931
IMG-20231009-WA0001
Shadow
Berita  

Siswa SD Muhammadiyah 6 Surabaya Berbagi Santunan dan Buka Bersama

120x600
banner 468x60

Surabaya, Delikjatim.com – Semarak Ramadan SD Muhammadiyah 6 (Musix) Gadung, Surabaya sangat luar biasa. Diawali kegiatan Darul Arqom yakni praktik ibadah dan presentasi materi Darul Arqom. Hingga puncaknya hari Selasa (2/4) menggelar buka puasa bersama dengan para dhuafa dan berbagi santunan (uang lebaran).

Penanggung jawab pelaksana Baksos SD Musix, Ustadz M Nurun Naharo menyatakan, pembelajaran selama bulan Ramadan tersebut terkait hukum Islam dan praktik ibadah.

“Dan puncaknya dalam kegiatan selama bulan Ramadan ini, yakni berbuka bersama dengan warga dhuafa, mulai PKL, tukang becak, tukang tambal ban, ojol dan loper koran,” ujarnya.

Selain itu, sambung Nurun Naharo, para siswa SD Musix juga akan memberi uang saku lebaran kepada dhuafa.

Ustadz Nur, sapaan akrabnya menjelaskan, kegiatan Selasa sore diikuti seluruh kelas V dan VI sejumlah 149 anak. Untuk pengumpulan dana baksos, pihak sekolah melibatkan siswa, wali murid dan para guru.

“Ini program bersama. SD Musix juga mempunyai kaleng LazisMu yang diedarkan ke siswa selama satu bulan lalu dikumpulkan ke sekolah lagi, dan hasilnya dibagikan ke fakir miskin. Sehingga dananya berasal dari hasil kaleng Lazismu dan edaran donasi yang dibagikan,’’ jelas ustadz Nur.

Selain itu, ustadz Nur juga menambahkan, terkait isu – isu maraknya terjadi bullying di kalangan siswa di sekolah, para siswa kelas I hingga kelas VI juga dibekali dengan pengetahuan tentang bullying dan cara menghadapi bila menjadi korban bullying.

Bahkan tidak hanya pengetahuan tentang bullying, para siswa juga membuat poster anti bullying dan mempresentasikannya.

‘’Jadi anak–anak tidak hanya dibekali pengetahuan antisipasi tentang bullying lebih awal, tetapi diharapkan para siswa juga bisa menyelesaikan bila ada kasus bullying, tetapi juga bisa memberikan solusi,” tuturnya.

Lanjut Nurun Naharo, solusi utama yang diberikan kepada para siswa adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

“Sedangkan di SD Musix sendiri dalam mencegah terjadinya kasus bullying dengan cara belajar diam di kelas, tangannya tidak ke sana ke mari, serta pendampingan adik kelas menghormati kakak kelas, begitu juga sebaliknya kakak kelas menghormati adik kelas,’’ papar ustadz Nur. 

Dalam buka bersama tersebut, diundang 100 orang yang akan diberi santunan. Selain di sekolah, santunan juga ada di beberapa titik lokasi.

Diantarannya, topi jembatan Wonokromo dan di Tenggilis. Dana yang terkumpul sebanyak Rp4,9 juta. Sementara takjil yang disiapkan sebanyak 1.200 paket.

‘’Diharapkan, dengan mengikuti kegiatan ini para siswa selalu berderma tidak memandang waktu. Di bulan Ramadan ini para siswa kami bekali filantropi. Berderma itu menjadi tujuan utama kami,” ungkapnya.

“Nantinya SD Musix akan menggelar rutin memberikan santunan ke warga fakir miskin. Tahun ini mengajak berbuka bersama dan memberi santunan, sehingga para siswa bisa merasakan apa yang dialami kaum dhuafa,’’ tegas ustadz Nur.

Sementara itu, siswa kelas V C SD Musix, Naura Assyabiya, mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan berbuka bersama dan berbagi kepada kaum dhuafa.

‘’Alhamdulillah, kami sangat senang bisa ikut berbuka dan bakti sosial Darul Arqam. Dapat materi seperti mencegah pembullyan. Kemudian hukum wanita dengan lawan jenis,” jelasnya.

“Menurut saya, ini sedekah dan dapat pahala. Termasuk berpartisipasi di kegiatan sekolah. Saya berharap bisa menjadi pahala kita dan banyak yang minat sekolah disini,’’ imbuhnya.

Sedangkan Ragil Angkasawan Putra, siswa kelas VI A, bercerita jika dirinya bertambah ilmunya dengan mengikuti Darul Arqam.

‘’Ini mengajarkan kita bagaimana beribadah sesuai ajaran Islam. Saya juga diajari bagaimana adab mulia dan membuat poster. Menurut saya bersedekah itu banyak pahalanya. Saya juga masukan uang ke kaleng LazisMU. Senang sekali karena banyak pahala,’’ tandasnya.

banner 336x280
Penulis: YudaEditor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Artikel terproteksi !!